Selasa, 04 Oktober 2011

seminggu bersama keluarga hantu

eh gue mau buat cerpen neehh... dibaca yah :)) judulnya "Seminggu Bersama Keluarga Hantu"
check this out :)

Azan subuh samar-samar terdengar oleh telingaku. Akupun terbangun dan tertegun”mengapa aku bisa di sini?”tanyaku kaget. Akupun teringat kejadian semalam” Semalam aku baru pulang dari rumah debo sekitar 01.00 dini hari. Dan mobil yang kukendarai hampir menabrak seorang wanita lalu aku menghindar tapi aku malah menabrak pohon beringin,dan anehnya lagi wanita yang berbaju putih yang hampir aku tabrak malah tertawa dan setelah itu semuanya menjadi gelap”kataku dalam hati.”oh..kamu sudah bangun”.”kamu siapa?”kataku terkejut.”tenang semalam kamu mengalami kecelakaan,perkenalkan saya zevana arga”.katanya memperkenalkan diri.”saya Alyssa saufika umari”kataku memperkenalkan diri.tak terasa sudah tiga hari aku tinggal di rumah zevana Walau aku bingung mengapa zevana tinggal sendiri di rumah semegah ini. Sebisa mungkin perasaan itu ku buang jauh-jauh.”mungkin anak dan suaminya sedang keluar kota”itu jawaban dari pertanyaan- pertanyaan yang selalu membayangiku.
Tapi jawaban itu hanya bertahan selama dua hari. Saat itu aku sedang memunguti sampah di depan rumah zevana. Dan ada seorang bapak-bapak melihatku lalu bapak itu menegur”nak buat apa kamu mugutin sampah di hutan ini,dan mengapa kamu sendirian di situ?”Tanya bapak itu keheranan.”apa dia tak melihat rumah zevana yang megah ini?”ku bertanya dalam hati.”saya sedang memunguti sampah di depan rumah zevana. Bapak mau bertemu dengan zevana ?”tanyaku kemudian. Bapak itu terkejut saat mendengar nama zevana.dan bapak itu tidak menjawab.
Pertanyaanku tapi ia mengajakku segera pergi dari tempat itu.”ayo kita segera pergi dari sini”kata bapak itu.”tapi zevana?”tanyaku.”ayo suda jagan pikirkan dia. bapak itu langsung menarikku tanpa bertanya-tanya lagi. Saat sudah tiba di perkampungan dia membawaku kerumahnya dan dia memberiku makan dan minum dan setelah itu dia bercerita “ empat tahun yang lalu hutan tempat kamu tadi dulunya itu adalah sebuah rumah zevana di sebuah perkampungan orang yang paling kaya bernama zevana. ia tinggal bersama dua orang anak dan suaminya. Yang pertama namanya angelica,yang kedua namanya sivia .angel mati gantung diri karna dia di tinggal pacarnya,kalau sivia mati karna waktu itu sivia dan pacarnya dari sebuah diskotik saat mereka pulang dalam keadaan mabuk dan mereka tak sadar bahwa didepannya ada sebuah bus dan mereka manabrak bus itu,kalau zevana meninggal karna tertimbun tanah longsor dan saat itu ia lagi tidur dan ia tak sempat menyelamatkan diri. ”jelas pak Erwin.” kalau suaminya..?” Tanya ify. ”o’ya suaminya waktu itu lagi berbisnis keluar kota dan pak Erwin itu sampai sekarang masih hidup,pak erwinnya itu adalah saya”jelas pak Erwin.”bapak ga bercandakan..?”Tanya ify dengan rasa tak percaya.” ya..ini bener saya dan sekarang saya hidup di kampung ini hanya sendirian dan perusahaan beras saya bangkrut jadi sudah lama sekali saya tingal di kubuk ini.” jawab pak Erwin. ” pak Erwin punya perusahaan di mana ? kok tinggalnya di kampung ini?”Tanya ify.” saya punya perusahaan di kota, waktu itu saya korupsi dan saya di penjara lima tahun”jawab pak Erwin.”jadi saat bapak di penjara gimana istri dan anak-anak bapak?”Tanya ify lagi.” o..anak dan istri saya saat di penjara sudah meninggal jadi saya di penjara tidak ada yang menjenguk saya..”jawab pak Erwin.”bapak dan ibu pak Erwin  kemana?” Tanya ify lagi.” bapak dan ibu saya sudah meninggal jadi saya disini hanya sebatang kara.” jawab pak Erwin. ” dan sekarang bapak kerja apa?”Tanya ify.”sekarang saya menjadi petani”jawab pak Erwin.” o’ya bapak tau dari mana kejadian anak dan istri bapak?”Tanya ify. ”saya di kasih tau masyarakat di desa ini,tapi saya masih sedih karna  arwahnya masih gentayangan. zevana jadi penunggu pohon beringin dan rumah yang tertindis tanah longsor.” jawab pak Erwin. ” mengapa arwahnya masih gentayangan?” Tanya ify. ” arwahnya gentayangan karna mayatnya belum di kubur..”jawab pak Erwin.” mengapa ga di kubur?” Tanya ify. ”saya  ga mau kehilangan jasat zevana karna saya sangat menyayangi dia” jawab pak Erwin.” mengapa anak-anak pak Erwin di kubur sedangkan zevana ga di kubur?”Tanya ify. ” karna saat anak saya di kubur saya masih berbisnis ke luar kota kalau ga pasti saya ga kubur juga anak saya”jawab pak Erwin. ” sebaiknya bapak kubur saja mayat zevana agar tidak gentayangan dan membuat resah warga lagi,” kata ify mencoba memberi saran. Tapi bukan jawaban baik yang didengar zevana,pak Erwin marah ”kamu itu masih kecil jadi nggak tahu bagaimana rasanya ditinggal orang yang kita cintai”kata pak Erwin dengan suara yang keras ify  terkejut mendengar jawaban pak Erwin.”tapi pak orang yang sudah mati punya kehidupan sendiri,biarlah masitah dikubur sebagaimana layaknya manusia kasihan dia,tidak bisa tenang walau sudah meninggal “ kata ify ” baiklah saya akan kubur dia,tapi kamu juga harus membantu saya menguburnya dekat tempat anak-anak saya” kata pak Erwin pada akhirnya.
Keesokan harinya ify dan pak Erwin mengubur mayat shilla  di atas bukit disitu ada 2 kuburan anak-anak pak Erwin dan ashilla .” terima kasih ya nak ify kamu sudah membantu saya”kata pak Erwin.”saat pak Erwin  dan ardi ngobrol bersama. Ada seorang warga yang kebetulan lewat melihat ify berbicara sendiri,dan mendatang ify.”ngapain kamu nak…berbicara sendiri”teriak warga itu dari bawah bukit,”ify pun turun dari bukit menemui warga itu.”saya gak bicara sendiri pak,saya berbicara dengan pak Erwin”kata ify. “nak kamu tuh..sadar nggak sih..kalau kamu dari kemarin saya perhatikan kamu selalu berbicara sendiri tanpa ada teman bicara” kata warga itu. Akhirnya ify pun menceritakan kejadian yang telah di alaminya.” seperti itulah pak,kenapa saya bisa sampai di sini”. “saya juga mau menceritakan bahwa pak Erwin telah meninggal 10 tahun yang lalu,setelah empat tahun istri dan anaknya meninggal dia ikut bunuh diri juga,lihat saja makamnya ada di bukit situ ayo kita kesana “kata warga itu. ify pun mengikuti warga itu ke atas bukit,dan ternyata disitu ada 4 kuburan,kuburan zevana,sivia,angel.zahra,dan pak Erwin,ify bingung karna saat ia membantu pak Erwin mengubur ashilla  ia tak melihat kuburan pak Erwin.”pak tapi saya barusan dari bukit ini tapi saya hanya melihat dua kuburan dan saya tadi baru mengubur zevana disini tapi saya ga melihat kuburan pak Erwin..”kata ify.berarti dari kemarin dia tinggal bersama arwah hantu yang telah meninggal selama bertahun-tahun. Semenjak kejadian itu ardi tidak pernah pulang malam lagi.dan setelah kejadian itu warga di kampung itu mengadakan acara do’a bersama agar arwah keluarga zevan  tenang di alamnya dan tentu saja  tidak menggangu warga desa lagi.

THE END

1 komentar: